6 Fakta Menarik Joko Widodo

59 0

6 Fakta Menarik Joko Widodo – Jokowi adalah presiden RI ketujuh dan memimpin negara Indonesia sejak 2014 lalu.

Lahir kota Surakarto, Jawa Tengah, 21 juni 1961 lalu. Jokowi adalah anak pertama dari Noto Mihardjo dan Sujiatmi Notomiharjo. Jokowi memiliki adik bernama Lit Sriyantini, Ida Yati, dan Titik Relawati.

Berusia 60 tahun pada tahun 2021 ini, jokowi lahir dari keluarga sederhana. Bahkan Jokowi pernah mengalami beberapa kali pindah rumah karena tergusur oleh pekerjaan pemerintah.

Ketika masih kecil, Jokowi sudah terbiasa tidak menyusahkan kedua orang tuanya. Jokowi membantu orang tua dengan menjadi ojek payung ketika hujan, kuli panggul sampai jual beraneka raga barang. Hasil pekerjaan itu ia kumpulkan untuk biaya sekolah dirinya dan adiknya.

6 Fakta Menarik Joko Widodo

1986 Jokowi menikah dengan Iriana. Lantas karunia tiga orang anak, yaitu Mas Gibran, Mas Rakabuming Raka, Mas Kaesang Pangarep dan Kahiyang Ayu.

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik mengenai Jokowi, berdasarkan informasi dari liputan6.com;

1. Asal Usul Nama Jokowi

Semua orang pasti mengenai Jokowi dengan akhiran Widodo bukan?

Dalam video vlog yang dibuatnya, Joko Widodo menceritakan berasal darimana nama panggilan tersebut.

“Saya bertemu dengan pembeli mabel berasal dari Prancis bernama Bernard Chene, beliau memberi sebutan Jokowi kepada saya, agar dapat membedakan Joko yang lainnya. Maka sejak saat itu banyak pengusaha mabel memanggil saya Jokowi,” tutur Jokowi.

2. Jokowi Bukan Nama Lahir

Berdasarkan kutipan buku “Jokowi Menuju Cahaya” yang tertulis oleh Alberthiene Endah, Joko Widodo bukanlah nama asli ketika beliau lahir. Dan ternyata nama Jokowi pernah terganti ketika saat masih kecil. Nama asli dari Jokowi adalah Mulyono.

Dan akhirnya orang tua beliau mengganti nama Mulyono menjadi Jokowi karena beliau sering sakit.

3. Pernah Tinggal Pinggir Kali

Masih dalam buku yang sama, beliau mengungkapkan jika dirinya itu ketika masih kecil pernah tinggal dalam rumah beralas bilik yang ada pada pinggir kali. Rumah tersebut terletak pada daerah Sirambatan, Solo.

Ketika masih kecil keluarga Jokowi telah mengontrak pada rumah bataran sungai, dan bahkan sampai mengusirnya lantaran tidak membayar kontrakannya.

4. Kisah Cinta Jokowi dan Iriana

Iriana bersama Jokowi saat mereka menginjak masa kuliah semester akhir. Diakui Jokowi, kalau Iriana harus berpacaran LDR.

Sebab, Iriana berada di Yogyakarta, sedangkan Jokowi di Solo.

Iriana, tutur Jokowi, adalah wanita yang spesial. Terlebih, kehidupan Iriana jauh dari kata glamour.

“Iriana teman adik Jokowi yang sering main ke rumah. Pertama curi-curi pandang, lama -lama jatuh cinta. Iriana orangnya sederhana dan itu yang Jokowi suka,”

5. Menyukai Musik Cadas

Mendengar lagu-lagu cadas adalah kesenangan Presiden Jokowi. Bahkan, dalam pengakuannya Maret 2017 lalu, Jokowi menyetel lagu rock pada mobil kepresidenan.

Jokowi mengakui jika dirinya mendengarkan lagu cadas selama 100 menit setiap harinya. “50 menit pada pagi hari, 50 menit pada malam hari, tentu saya dengarkan musik dalam mobil. Dari Bogor ke menuju Jakarta dan Jakarta menuju Bogor,”

“Hanya jika ditanya, ‘lagunya apa Pak?’ Nah, ini jawabnya sulit. Karena lagunya lagu keras semuanya. Lagu cadas semuanya.

6. Tidak Pernah Menggunakan Jam Tangan

Seluruh foto atau video yang berkenaan dengan Presiden Jokowi tidak pernah menggunakan jam tangan. Hal ini yang tentunya bawaan sejak kecil yang tidak pernah menggunakan jam tangan.

Sponsored Content : Efekjokowi.com

Leave a Reply