5 Trik Cara Meningkatkan Kecepatan Smartphone Android

7 0

Sebagai alat yang terus mendampingi kehidupan kita, smartphone tentu memiliki tuntutan kinerja yang ekstra dan full time standby dikala kita membutuhkannya.

Maka dari itu penting untuk pengguna memilih spesifikasi HP yang sesuai dengan kebutuhan. Semakin tinggi spek-nya maka semakin baik juga performa program dalam menjalankan perintah.

Namun untuk ponsel dengan spesifikasi internal yang powerfull cenderung dikaitkan dengan harga yang mahal, dan kembali lagi semua orang akan menyesuaikan dengan kebutuhan dan kapasitasnya masing-masing, ujung-ujungnya akan pilih HP yang anti lemot dan masih bisa buat ngegame.

Berbicara soal game, kinerja spesifikasi internal android akan di pecu ekstra disini. Pasalnya hampir semua game jaman sekaran sudah memakai ruang yang besar, kalau gamenya ngelag tentu gak menyenangkan dong?

Maka dari itu disini kita akan berikan cara meningkatkan kecepatan smartphone android, khususnya ketika dibutuhkan dalam performa tinggi dan menjalankan banyak aplikasi seperti multitasking.

Cara Meningkatkan Kecepatan Smartphone Android

Ada beberapa pengguna yang memilih jalan root untuk meningkatkan kecepatan smartphone mereka, namun alangkah baiknya kita tidak sarankan memakai cara seperti itu karena perlakuan root termasuk ke dalam bentuk pembobolan program asli dari pabrik.

Disini akan kita sediakan beberapa poin cara meningkatkan kecepatan smartphone android tanpa root dan pastinya lebih aman.

  1. Beri Ruang Sisa Untuk Penggunaan RAM

Seperti yang banyak orang ketahui, RAM merupakan perangkat keras yang memiliki fungsi dalam menjalankan segala program di smartphone android. Ketika pengguna membuka banyak aplikasi, maka sistem ruang yang akan membackup sementara program berjalan adalah RAM.

Jika kapasitas RAM kecil dan dipaksakan untuk menjalankan program multitasking hingga diatas kemampuan, tentu HP akan terasa lemot.

Solusinya adalah pengguna dapat membuka aplikasi secukupnya yang dibutuhkan saja, dan hindari kegiatan multitasking. Silahkan close beberapa program aplikasi yang berjalan demi menyisakan ruang penyimpanan RAM.

  • Kosongkan Ruang Penyimpanan

Kendala smartphone dengan model sloth hybrid mereka tidak bisa memasukan memori eksternal dan menggantungkan penyimpanan hanya lewat memori internal saja. Sehingga terkadang orang lupa kalau penyimpanan tersebut akan dibagi dengan penyimpanan sistem program HP. Jika penuh alhasil kinerja jadi terasa lemot dan kurang optimal.

Mungkin masalah ini tidak akan jadi concern utama bagi pengguna HP bermemori internal besar, tetapi tidak bagi yang masih menggunakan kapasitas ruang internal pas-pasan.

Solusi yang dapat dilakukan adalah kosongkan beberapa file tidak penting, khususnya penyimpanan file media dari pesan Whatsapp yang kadang sudah bikin spam di memori kita. Jika dirasa cukup, coba deh rasakan pasti kecepatan HP makin meningkat.

  • Memasang Aplikasi Yang Penting Saja

Pemasangan aplikasi didalam HP yang berlebih itu dapat memangkas ruang penyimpanan cukup banyak. Kalau pengguna merasakan saat pertama kali beli HP performanya lebih cepat, tentu sangat jelas itu dikarenakan aplikasi bawaan masih sedikit dan kosong.

Performa akan terasa menurun setelah smartphone di instal banyak aplikasi hingga memenuhi ruang, agar terhindar dari hal itu ada baiknya jika pengguna cukup menginstall beberapa aplikasi yang penting saja, dan menghapus apps sekiranya sudah tidak dipakai atau tidak penting.

Alhasil performa HP kembali meningkat cepat.

  • Nonaktifkan Fitur Sinkronisasi

Cara meningkatkan kecepatan smartphone android berikutnya bisa dengan cara mematikan fitur Sinkronisasi. Beberapa HP terbaru sudah dilengkapi dengan tools berikut, dimana perangkat akan selalu dihubungkan dengan aplikasi seperti kontak, email, pesan dan lainnya.

Keuntungan dari mengaktifkan sinkronisasi adalah pengguna tidak perlu lagi melakukan secara manual, tetapi ada dampak buruk yang dimana akan menyebabkan kecepatan HP jadi menurun.

Untuk mematikannya sangat gampang, bisa swap notifikasi bar lalu klik icon syn atau langsung matikan tombol sinkronisasi. Jika tidak ada bisa cari di dalam menu Pengaturan HP, langsung lewat icon search.

  • Bersihkan Cache

Secara pengertian cache adalah data yang tersimpan secara otomatis dari rekam jejak aktivitas sebuah aplikasi. Sifat dari cache ini sementara, dan file akan tersimpan didalam memori internal atau satu sistem dengan folder aplikasinya.

Jika kamu terlalu banyak lalu mengendapkan banyak cache di dalam file memori internal, efeknya bakal semakin menumpuk dan memenuhi internalnya. Akibatnya bisa mempengaruhi performa smartphone hingga bikin lemot.

Solusinya adalah hapus cache aplikasi satu per satu lewat bantuan menu Pengaturan di dalam HP. Silahkan buka Settings -> Aplikasi -> pilih satu aplikasi -> Scroll paling bawah -> hapus cache.

Kesimpulan

Cara meningkatkan kecepatan smartphone android itu masih ada beberapa poin lagi, seperti menggunakan home launcher ringan dan upgrade OS android versi terbaru. Terkadang ada kasus dimana HP lemot diakibatkan oleh bug program didalam OS, dengan mengupgrade ke versi terbaru, langkah ini bisa memperbaiki bug bahkan malware di dalam internal jadi normal kembali. 

Leave a Reply