5 Manfaat Menabung yang Perlu Kamu Ketahui !

386 0

Menabung secara implisit menjadi salah satu perintah Allah kepada Nabi Yusuf AS dalam surat Yusuf ayat 47 “Dia (Yusuf) berkata, “Agar kamu bercocok tanam tujuh tahun (berturut-turut) sebagaimana biasa; kemudian apa yang kamu tuai hendaklah kamu biarkan di tangkainya kecuali sedikit untuk kamu makan”

Menabung adalah kegiatan untuk menyisihkan pendapatan Yang kita terima saat ini, untuk kebutuhan di masa mendatang baik yang kita rencana kan maupun tidak. Selain itu ada beberapa manfaat lain jika kamu tekun Menabung.

Menabung juga menjadi media mengatur emosi karena dengan Menabung kita dipaksa untuk dapat mengontrol diri kita sendiri dan melakukan analisa apakah pengeluaran kita benar dibutuhkan atau hanya terbatas keinginan sesaat.

Keahlian menabung dapat berdampak besar bagi kehidupanmu sejak dini hingga kamu berkeluarga dan usia senja. Berikut beberapa manfaat Menabung sejak dini. Tertarik apa saja itu ? 

paxels.com

Melatih Kemandirian dan Disiplin 

Dengan kamu sadar atau tidak kebiasaan kamu menabung, akan memunculkan sikap disciplina dan analisa untuk bedakan antara keinginan dan kebutuhan. Kamu akan berpikir ulang untuk membelanjakan uangmu, karena sudah terbangun kebiasaan untuk hanya membeli barang yang dibutuhkan. 

Membangun Kebiasaan Baik

Menabung adalah salah satu kebiasaan baik, maka dengan membangunya sejak dini, besar kemungkinan sifat baik lain akan ikut terbangun. Kebiasaan baik lain Yang kemungkinan akan muncul adalah teliti, berpikir logis dan menahan nafsu yang tidak perlu. 

Memiliki Dana Darurat

Keadaan serba tidak pasti namun akan lebih bijak jika kita dapat mempersiapkannya dengan lebih baik. Memiliki cadangan uang hasil menabung akan membantu kita mengatasi permasalahan tak terduga di kemudian hari. 

Dana darurat dapat menjadi pelampung cadangan Yang kamu bisa dapatkan disaat saat tak diinginkan, sehingga kamu dapat mempertahankan kualitas hidupmu walaupun di situasi sulit.

Terhindar dari Hutang

Hutang adalah mekanisme umum Yang sering berlangsung selama kita menjalankan kegiatan ekonomi, namun bagaimana jika kita terjebak hutang yang tidak diperlukan ? 

Dengan Menabung kamu akan terhindar dari kemungkinan buruk berhutang, karena Delian kamu memiliki dana berlebih di rekening. Serata personal kamu sudah terbangun kepribadian untuk tidak melakukan pembelian Yang tidak diperlukan. 

Bagaimana tertarik ? 

Menggapai Cita Cita dan Tujuan Financial Lain. 

Dengan Menabung kamu bisa menjadi pribadi yang mementingkan tujuan hidup dan bukan gaya hidup. Tentu hal ini dapat tercapai lebih Mudah dengan kebiasaan kamu Menabung. 

Dengan tercapainya tujuan dan cita cita kami, hidup kami akan lebih berarti dan berharga. So, jangan pernah jenuh menabung ya !!! 

Berkontribusi Bagi Pembangunan 

Menabung tidak hanya bisa kamu lakukan di bank dengan cara membuka tabungan rek. Namun kamu juga dapat menabung Sambil berinvestasi, salah satunya dengan membeli surat utang negara. 

Hasil dana masyarakat yang berhasil dihimpun dalam surat utang negara, akan digunakan untuk membiayai pembangunan dan kamu sebagai investor bisa mendapatkan imbal hasil yang menarik. 

Pilihan surat utang negara Yang dapat kamu investasikan, dapat berupa ORI ( obligasi ritel indonesia. Bagi kami Yang Memiliki preferensi Syariah dalam berinvestasi berdasarkan faktor agama atau keadilan ekonomi. 

Kamu dapat membeli sukuk republic Indonesia, dan sukuk tabungan. Karena surat berharga tersebut memberikan bagi hasil berdasarkan prinsip Syariah. 

Ketenangan Batin 

Memiliki tabungan dengan jumlah Yang baik tidak hanya dapat menunjang gaya hidup dan cita cita kamu. Tetapi juga dapat memberikan ketenangan emosional karena ada financial bumper. 

Disisi lain jika kamu memiliki tabungan dengan jumlah yang significant, kamu dapat mencapai fase financial freedom lebih Cepat dibanding orang lain. 

Itulah tadi beberapa manfaat yang dapat kamu peroleh dengan mbangun kebiasaan baik menabnjng. Sekarang apakah kamu sudah tertarik ? 

Jika kamu masih belum memiliki preferensi tabungan digital, yang dapat membantu kamu untuk menabung dan mencapai financial freedom. Kamu dapat baca review penggunaan beberapa bank digital, berikut :

  1. Review Neobank by Bank Neo Commerce : Bank Kucing Pecinta Bunga
  2. Review Pengalaman Menggunakan Aplikasi Bank Jago 
  3. Review Pengalaman Menggunakan Aplikasi Bank Jenius by BTPN
  4. Review Pengalaman Menggunakan Aplikasi Blu by BCA Digital 
  5. Pengalaman Menggunakan BCA Syariah 
Rio Aditya Ermindo

Rio Aditya Ermindo

Follow my instagram @rioadityae

Leave a Reply