5 Langkah Meningkatkan Net Worth

123 0

Aku tidak bersaing dengan orang lain, sainganku adalah diriku sendiri. Tujuanku adalah meningkatkan kualitas diriku terus menerus – Bill Gates

Pada saat kita membicarakan keuangan, maka akan ada banyak fokus yang menjadi perhatian kita. Mulai dari hal sederhana, seperti spending, cash flow, cicilan kartu kredit hingga hutang kpr dan kendaraan bermotor.

Melakukan tracking pendapatan adalah suatu yang baik dalam mengatur keuangan, tapi ada hal besar yang mungkin terlupakan dalam fokus kita. 

Hal tersebut adalah menghitung ulang total nilai kekayaan bersih yang kita miliki. Kekayaan bersih adalah nilai selisih total asset / kekayaan dan kewajiban atau hutang yang kita miliki. 

Secara sederhana kita mencoba untuk berpikir jernih bagaimana hutang atau kewajiban kita dimasa sekarang dapat mempengaruhi masa depan keuangan kita. 

Menghitung nilai kekayaan bersih bukan hal yang rumit dan membutuhkan effort ekstra. Karena sesuai namanya nilai kekayaan bersih “hanya menghitung” nilai selisih dari total asset dikurangi kewajiban / hutang kita. 

Image : Unsplash.com @mattartz

If you buy things you do not need, soon you will have to sell things you have – Warren Buffet

Sekarang waktunya kita merenungi sejenak bagaimana caranya kita dapat meningkatkan nilai kekayaan bersih yang kita miliki dengan beberapa langkah sederhana. 

Catat dan Hitung Hutang

Catat semua hutang yang anda miliki mulai dari cicilan kartu kredit, kpr, kpa, hingga kta. Setelah semua telah tercatat, lakukan penilaian lebih lanjut apakah hutang tersebut dapat dikurangi atau dihilangkan. 

Sebagai ilustrasi pengurangan yang dapat ditempuh, dapat dilakukan dengan cara memindahkan kredit KPR ke bank lain yang menawarkan tingkat bunga lebih rendah atau refinancing kpr.  

Namun untuk melakukannya, anda harus melakukan kalkulasi untuk mempertimbangkan potensi keuntungan dibanding dengan biaya dari melakukan refinancing. 

KPR memiliki andil yang sangat penting, karena merupakan salah satu hutang terbesar. Jika anda tidak memikirkan kemampuan bayar anda kedepan anda beresiko kehilangan rumah anda karena gagal bayar. 

Catat Semua Asset

Lakukanlah pencatatan ulang asset yang anda miliki, anda mungkin tidak dapat menilai secara pasti nilai asset anda sekarang (karena nilainya berkembang, dan masih ada hutang di dalamnya)

Akan tetapi dengan lakukan pendataan, anda terhindar dari kehilangan asset anda karena belum anda catat sebelumnya.

Maka mencatat asset yang anda miliki adalah hal yang bijak dan harus anda lakukan. 

Asset yang harus anda catat seperti hunian,   asset investasi , dan barang koleksi (seperti lukisan, emas dan perhiasan)

Pangkas Pengeluaran  

Semakin sedikit uang yang anda belanjakan untuk hal yang tidak perlu, semakin baik kesehatan keuangan anda.

Ingat hanya kurangi pengeluaran yang tidak perlu dan tetap pertahankan pengeluaran yang menurut anda harus dikeluarkan seperti kewajiban agama, sandang, pangan, papan, pendidikan dan kesehatan

Jangan anggap remeh pengeluaran yang anda keluarkan untuk hal yang tidak urgent, karena jika pengeluaran itu dapat diakumulasikan dalam waktu yang cukup lama. 

Maka pengeluaran yang anda anggap remeh pun menjadi sesuatu yang sangat berarti, untuk pengeluaran seperti ini anda pasti lebih memahami. 

Lunasi Pinjaman Besar Lebih Cepat

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa setiap pinjaman yang kita ambil kita diwajibkan membayar bunga atau interest.

Dengan melakukan pelunasan pinjaman lebih cepat seperti perjanjian kpr, maka anda berpotensi mendapat tambahan nilai asset anda dari selisih bunga yang didapat. 

Investasikan Pendapatan

Investasi adalah cara terbaik untuk menambah net worth anda jika dilakukan dengan benar.

Sebagai masukan beberapa post investasi Yang dapat anda sisihkan, seperti : 

  • Investasi cash, investasi yang dapat anda gunakan sebagai sumber dana cash (dadakan) seperti reksadana dan tabungan. 
  • Investasi income tambahan, investasi Yang dapat anda gunakan sebagai tambahan cash flow bulanan anda seperti saham, obligasi dan deposito.
  • Investasi skill tambahan, jangan lupa investasi kan pada diri anda sendiri berupa skill pengembangan diri yang berdampak pada value anda seperti buku, dan seminar. 

Dengan melakukan assesment nilai kekayaan bersih anda, memungkinkan anda untuk lebih bersemangat untuk menjadi lebih effisien dalam melakukan pengeluaran sehari hari. 

Rio Aditya Ermindo

Rio Aditya Ermindo

Follow my instagram @rioadityae

Leave a Reply